Minggu, 28 Agustus 2016

Cara Mudah untuk Mengenali Bakat Tersembunyi Kita - My Baby Pink Diary

Menurut artikel yang saya baca pada https://ilmupendidikanbyrestu.wordpress.com/tips-trik/343-2/?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C9821219599 ada 5 cara mudah untuk menemukan bakat tersenyembunyi kita adalah :
  1. Dengarkan orang lain
Gajah di pelupuk mata tidak kelihatan, kuman di seberang lautan kelihatan”. Ungkapan yang sama juga berlaku dalam melihat bakat tersembunyi. Dibandingkan diri sendiri, orang lain seringkali jauh lebih tahu dibandingkan kita. Besar kemungkinannya orang lain sudah pernah (bahkan berkali-kali) mengatakan bahwa kita sangat menguasai bidang tertentu. Hanya saja selama ini mungkin kita mengabaikannya, tidak menganggapnya serius. Sekarang saatnya mulai mendengarkan.

  1. Temukan sesuatu yang sangat mudah kita lakukan
Mungkit ketika kita melihat seseorang [dengan jenis kelamin dan usia yang sama dengan kita] begitu kesulitan melakukan sesuatu, tetapi kita bisa melakukan aktifitas yang sama dengan super mudah. Lain waktu, kita menemukan orang lain perlu ambil kursus atau sekolah khusus untuk melakukan sesuatu tetapi kita bisa melakukan hal yang sama dengan sangat mudah tanpa harus kursus atau sekolah khusus. Berarti aktifitas tersebut adalah bakat tersembunyi kita. 

  1. Temukan sesuatu yang paling kita nikmati
Bakat tersembunyi sering kali menunjukan dirinya sendiri ke permukaan. Adakah majalah untuk topik [atau komunitas penghobi] tertentu yang tidak bisa kamu lewatkan? Atau suatu aktifitas yang sangat ingin kamu lakukan tetapi selama ini tidak bisa karena keterbatasan tertentu [waktu/biaya/alat dll]. Besar kemungkinan aktifitas tersebut adalah bakat tersembunyi kita. Tidak ada jaminan pasti bahwa setiap yang kita sukai merupakan bakat tersembunyi. Tetapi kerap ada diantaranya.

  1. Temukan sesuatu yang sering kita bicarakan
Adakah topik tertentu yang kamu sadari atau tidak, selalu menjadi topik pembicaraanmu? Suatu ketika mungkin  membicarakan topik lain, tetapi ujung-ujungnya lari ke topik yang biasa kita bicarakan lagi. Bisa jadi aktifitas yang ada dalam topik tersebut adalah bakat tersembunyi kita, atau setidaknya terkait.

  1. Tanyakan pada orang lain
Dalam banyak hal, cara termudah dan tercepat untuk mengetahui sesuatu adalah dengan bertanya. Tanya pada siapapun yang anda pikir bisa dan bersedia memberikan penilaian yang obyektif. Sebaiknya jangan tanyakan kepada orang terdekat [pacar/pasangan], bisa jadi mereka justru paling tidak obyektif. Minta mereka mengabaikan kebiasaan-kebiasaan buruk kita, yang kita butuhkan hanya tahu kelebihan kita. Sebisa mungkin usahakan dengan pertanyaan langsung “menurut kamu, apa bakatku?”. Tanyai mereka secara terpisah, kemudian catat. Setelah semua jawaban terkumpul, perhatikan sesuatu yang paling sering disebutkan [oleh orang berbeda]. Jika jumlah orang yang kamu tanya cukup banyak, pasti ada sesuatu yang sering disebutkan. Mungkin 90% itu adalah bakat tersembunyi kita.

Bakat tersembunyi dapat dipergunakan untuk mendukung kreatifitas kita, mulai dari hal terkecil hingga urusan pekerjaan, bahkan wiraswasta. Bayangkan jika ternyata kita berbakat untuk bidang tertentu, tetapi selama ini lebih banyak berputar-putar dibidang lain. Itulah salah satu penyebab mengapa ada orang yang pada masa tertentu tiba-tiba saja menjalankan bisnis yang tidak pernah dilakukan sebelumnya, tetapi boom! Sukses. Karena mereka baru saja menemukan dan menggunakan bakat tersembunyinya. Bakat tersembunyi bisa kita manfaatkan untuk banyak hal, entah itu untuk membuat produk atau jasa yang ingin kita kembangkan, bahkan untuk menambah jaringan hubungan. Lebih dari itu, saat bakat tersembunyi sudah tergali dan termanfaatkan dengan maksimal, segala sesuatu yang kita lakukan akan berjalan dengan lebih efektif, usaha dan energi teralokasi benar-benar pada sesuatu yang benar-benar merupakan kelebihan kita. Saat bekerjapun kita tidak akan meresa bekerja, melainkan benar-benar merasa sedang menjalani hidup. Hidup yang ringan, seimbang dan menyenangkan. ~Gusti Bob.

Sekian dulu ya postingan kali ini, semoga bermanfaat dan bisa membantu kamu menemukan bakat tersembunyi kamu ya. Terimakasih sudah mampir ke blogku, jangan lupa mampir ke postinganku yang lainnya juga ya. See you next time.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar